twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Thursday, December 3, 2015

ISTILAH BUDAYA YANG PENTING

Untuk membantu memahami perbedaan budaya perlu kita untuk memperhatikan beberapa istilah budaya yang penting, hal-hal berikut :

a. Subkultur atau mikrokultur

Dalam masyarakat besar terdapat suatu budaya besar yang dominan yang sama, dan terdapat di dalamnya sub-kelompok yang punya ciri yang berbeda dengan sub lainnya. Hal ini diklasifikasikan berdasarkan usia, kelas sosial, jenis kelamin, ras atau entitas pembeda lainnya.

b. Unsur universal dan keanekaragaman

Unsur universal ini bersifat umum yang mengedepankan persamaan di antaranya. Misal saja usia. Keanekaragaman memperlihatkan sifat yang lebih khusus karena mengedepankan nilai perbedaannya. Misal, jenis kelamin dan semacamnya.

c. Perilaku rasional, irrasional, nonrasional

Perilaku rasional adalah apa yang dianggap orang masuk akal untuk mencapai tujuan tujuannya. Perilaku irrasional menyimpang dari norma masyarakat dan bersumber dari frustasi dalam memuaskan kebutuhannya, tanpa logika dan mengedepankan respon emosional. Perilaku nonrasional tidak berdasarkan logika, tidak juga bertentangan dengan ekspektasi yang masuk akal (dipengaruhi budaya atau subkultural orang lain). Kita tidak  sadar mengapa melakukan, mempercayai dan berprasangka menurut pandangan orang di luar budaya sendiri.

d. Tradisi

Suatu hal yang dapat diekspresikan dalam kebiasaan tak tertulis, pantangan dan sanksi-sanksi. Dan ini yang mempengaruhi akan perilaku dan prosedur suatu budaya.

e. Keunikan budaya

Menghargai keunikan dari suatu budaya lain yang asing adalah suatu hal penting. Tetap berkomunikasi dan menghormati budaya yang beda ini tidak membuat kita dituduh etnoenstrik. Maka untuk memahami perbedaan – perbedaan budaya secara lebih efektif, langkah pertama yang harus ditempuh adalah meningkatkan kesadaran budaya seseorang secara umum. Setiap orang harus memahami konsep budaya dan ciri-cirinya sebelum ia memperoleh manfaat yang sebaik-baiknya dari studi tentang aspek-aspek khusus budaya asing.

f. dan sebagainya

Selamat membaca, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita, 

oleh :
ROMI ARFAN ‘S Pekanbaru, 09 Maret 2015

No comments: