twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Monday, February 25, 2019

TROWULAN KOTA PARIT

Di posting oleh : Damar Wulung
Group Majapahit


Ilustrasi gambar, sumber: group Majapahit.
Prasasti Sidateka atau Tuhanyaru 1323M selain memuat kabinet baru pemerintahan Jayanegara ,juga sedikit banyak menceritakan kemegahan keraton baru yg baru saja di bangun oleh Jayanegara, Keraton yg memang sangat dan harus di bangun guna sebagai kediaman sekaligus benteng pertahanan bagi keluarga inti Sang Raja , mengingat keraton lama di Trik begitu mudah nya di kuasai oleh musuh, Pemberontakan Kuti menjadi pelajaran berharga bagi Jayanegara bagaimana kediaman Seorang Raja harus benar benar save dari musuh.

Kiranya Jayanegara memerlukan sebuah keraton yg sulit di tembus oleh musuh, cara nya dengan menempatkan parit parit besar mengelilingi pagar luar istana. Prasasti Sidateka menyebutkan bahwa " Perairan melingkari kota serta laut samudra ".

Di prasasti ini juga terdapat stempel unik berbentuk dua ekor ikan ( Tinanda Minadwaya ) yg menyiratkan bahwa Jayanegara adalah Raja yg sangat dekat dengan perairan.Konsep ada nya kota bersabuk parit dan sungai ini ditulis di dalam kitab

Negarakertagama yang menyebutkan bahwa Alun Alun di barat Balai Manguntur yang luas membentang, " Bersabuk Parit ". Kurang lebih artinya sama, bahwa Sastrawulan atau Trowulan memang identik sebagai kota parit.

Ide dan gagasan " Sabuk Parit " Jayanegara terbukti cukup berhasil membentengi istana dari serbuan musuh dari luar.Dalam sejarahnya Trowulan aman dari serbuan musuh sampai seratus tahun lebih, hingga akhir nya luluh lantak akibat perang saudara 1478M.

Sumber : Group Majapahit

No comments: